Home » , » 9 Tips Penting Bagi Pengelola Facebook Fanpage

9 Tips Penting Bagi Pengelola Facebook Fanpage

Setelah mendapatkan banyak penggemar untuk facebook fanpage anda, anda tentunya ingin menjaga kualitas dari promosi fanpage yang anda lakukan, dan sebagai langkah awal berikut saya kumpulkan 9 tips penting bagi pengelola facebook fanpage

Tips mengelola facebook fanpage 

  1. Rencanakan dan jadwalkan update status


  2. Rencanakan posting baru anda secara terstruktur, ada baiknya anda menyiapkan list status yang akan dibagikan kemudian melakukan penjadwalan update secara terjadwal, anda bisa memanfaatkan dlvr-it atau hootsuite untuk menjadwal update status facebook fanpage yang anda miliki.
  3. Gunakan gambar


  4. Update status anda akan mendapatkan lebih banyak eksposur jika anda menggunakan gambar yang menarik, namun jangan membebani halaman dengan gambar.
    Foto akan membuat Anda mendapatkan eksposur tetapi mereka juga paling mungkin menyebabkan orang merasa halaman fanpage anda adalah spamer, jadi cermatlah memilih dan menggunakan gambar.
    Gunakan gambar berukuran 403 x 403 piksel agar terlihat sempurna di Facebook Timeline, gunakan juga gambar dengan resolusi yang bagus.
  5. Jangan sepelekan cover photo


  6. Kesan pertama adalah satu hal yang sangat penting. Foto sampul yang anda gunakan haruslah menarik, jelas harus mewakili siapa anda dan apa yang anda tawarkan.
  7. Gunakan tab kustom


  8. Tab custom bisa anda gunakan untuk mengajak penggemar facebook fanpage anda bergabung dengan milis anda, belajar tentang penawaran khusus, promosi atau menyelenggarakan kontes.
    Gunakan tab custom untuk meningkatkan pemasaran dan membuat promosi penjualan yang lebih menarik.
  9. Hargai komentar dari penggemar

  10. Menjawab komentar dan atau pertanyaan dari penggemar memberikan ajakan untuk terus berinteraksi dengan fanpage yang anda kelola, jangan pernah sepelekan respon dari penggemar facebook fanpage anda bahkan komentar pendek sekalipun.
  11. Bertanya

  12. Setiap orang menyukai kesempatan dimana mereka diundang untuk mengajukan pendapatnya, sering-seringlah mengajukan pertanyaan yang dapat memancing interaksi dengan penggemar anda dan jangan lupakan poin di atas, hargai tiap jawaban atau respon yang diberikan oleh mereka.
  13. Call to action

  14. Anda ingin status anda mendapat like, dikomentari atau dibagikan? jangan segan untuk mengajak penggemar anda melakukannya, tentunya anda pun harus yakin bahwa status yang anda bagikan bermanfaat sebelum mengajak penggemar anda memperluas promosi anda.
  15. Awasi kompetitor anda


  16. Dalam dunia bisnis, mengawasi apa yang dilakukan oleh kompetitor adalah hal yang penting. Amati kelebihan serta kelemahan mereka lalu gunakan metode amati, tiru, dan modifikasi agar fanpage anda bisa lebih competitive
  17. Short and simple


  18. Banyak sosial media marketer menyarankan bahwa status dengan sekitar 100-150 karakter adalah penyajian status yang terbaik, meskipun tidak menutup kemungkinan status yang panjang pun dapat mengundang perhatian dari penggemar anda. Cara terbaik adalah menganalisa kecenderungan interaksi dari penggemar anda, status seperti apa yang biasanya mendapatkan respon lebih dari penggemar facebook fanpage anda terutama saat anda berpromosi atau menautkan status ke posting blog atau konten lain.